Kamis, 21 Februari 2008

Langkah Langkah Sederhana Menurunkan Berat Badan

Menurunkan berat badan memang tidak mudah apalagi untuk seseorang yang punya kecenderungan kegemukan. Orang yang gemuk diibaratkan mobil keluaran
Jepang yang hemat bahan bakar, kebalikan dari orang-orang yang kurus yang
diibaratkan kendaraan keluaran Eropa yang rata-rata boros bahan bakar.

Prinsipdasar menurunkan badan adalah memperbanyak pembakaran kalori dan mengurangi 
asupan kalori. 
Memperbanyak aktifitas fisik dan mengurangi makanan yang berkalori tinggi adalah 
hal yang cukup bijak dalam usaha mengurangi berat badan.
Mengurangi porsi makan bukan berarti mengurangi asupan gizi atau nutrisi, 
namun mengurangi  asupan lemak dan karbohidrat dengan tetap memperhatikan asupan protein, mineral, vitamin dan zat lain yang dibutuhkan tubuh.
Berikut adalah contoh hal-hal yang bisa anda lakukan untuk mengurangi berat
badan.

  • Kurangi makanan berlemak dan makanlah makanan mengandung karbohidrat secukupnya.
  • Perbanyak makan sayur dan buah-buahan. Selingi jam makan anda dengan mengkonsumsi sayur danbuah-buahan. Selain vitamin dan zat lain yang sangat diperlukan tubuh, buah-buahan kaya akan serat dan bersifat mengenyangkan hingga diharapkan nafsu makan  akan berkurang.Kandungan serat dalam buah-buahan juga bisa memperlancar buangair besar dan bersifat sebagai sikat yang membersihkan dinding usus dari timbunan lemak.
  • Hindari makan malam. Jika tak tahan dengan perut lapar, kudapan (camilan) dari buah-buahan, susu rendah kalori atau makanan lain yang rendah kalori bisa jadi pilihan.
  • Berolahraga. Aktifitas satu ini  adalah hal yang kurang disukai olehkebanyakan orang karena sifatnya membuat capek atau membosankan. Cobalah membuat olahraga menjadi suatu kesenangan. Pilih olahraga yang bersifat menyenangkan. Misalnya bermain bulutangkis di halaman rumah atau gang, bermain bola, berenang, bermain kejarkejaran atau apapun yang Anda sukai.  Jika meras  terlalu sibuk atau kesulitan untuk berolahraga karena fasilitas atau situasi tidak memungkinkan, usahakan melakukan aktifitas fisik yang lebih di waktu pekerjaanAnda. Misalkan memilih menaiki tangga daripada lift, atau jika memungkinkan berjalan kaki menuju warung atau restoran di jam makan siang Anda. Lakukan hal-hal seperti itu secara rutin karena aktifitas fisik yang kemudian dihentikan akan mengakibatkan meningkatnya nafsu makan sehingga malah menambah berat badan.
  • Minum air putih yang cukup. 8 gelas sehari atau sekitar 2 liter adalah jumlah ideal untuk membantu metabolisme tubuh.
Selamat mencoba.





Tidak ada komentar:

 

cheap inkjet supplies
cheap inkjet supplies